Kelurahan Pejuang Gelar  Musrenbang  Prolitas  Pembangunan Usulan  di Tahun 2024

0
12

NEWS.POSPUBLIK.COM
Kota Bekasi
– Pemerintah Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk usulan pembangunan tahun 2024 yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Pejuang , Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Kamis (19/01/2023).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD Kota Bekasi Tahun 2024. Dengan mengusung tema “Penguatan Fungsi Pemerintah Melalui Reformasi Birokrasi dan Transformasi Layanan Berbasis Digital”

Sekel Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria, ” Endang” menyampaikan ucapan terimakasih dan apresi kepada semua pihak sehingga acara Musrenbang ini bisa berjalan lancar.  

“Saya mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua pihak sehingga acara ini berjalan lancar. Kami  mengharapkan perhatian dan kesungguhan semua elemen untuk menyadari akan pentingnya tahapan Musrenbang ini dalam sistem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Saya juga berharap semoga kerjasama yang telah terbina antara pemerintah dan masyarakat dapat dipelihara dan ditingkatkan terus menerus demi keberhasilan tugas-tugas bersama dalam mewujudkan pembangunan di Kota Bekasi,” tegasnya.

Sementara Camat Kecamatan Medan Satria, Widiawarman, M.Si, mengatakan kepada seluruh masyarakat agar tidak bosan dalam melakukan kegiatan Musrenbang yang merupakan kegiatan rutinitas pemerintah dalam melakukan pembangunan.

“Sama-sama kita saksikan bahwa harapan di Musrenbang itu harus kita laksanakan setiap tahun dan bapak ibu jangan pernah bosan dan jangan pernah mengeluh karena jika tidak ada pelaksanaan Musrenbang ini maka tidak ada dasar bagi Pemerintah untuk melaksanakan pembangunan ini,” ucapnya.

Menurut Widiawarman Camat Medan Satria , bahwa musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kelurahan merupakan forum musyawarah tahunan di tingkat kelurahan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas   pembangunan. 

“Untuk itu jangan pernah bosan bosan menyampaikan aspirasi, dalam usulan progam prioritas 2024. Inilah bapak ibu supaya selalu rajin bersama-sama dan gigih untuk ikut mengawal dan mengikuti selalu apa yang telah diusulkan dalam Musrenbang ini,” imbuhnya.

Lurah Pejuang Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi, ” Suhendra ” mengungkapkan, bahwa Musrenbang Kelurahan ini adalah forum dialog masyarakat Kelurahan Pejuang untuk menyampaikan usulan perencanaan pembangunan di masa yang akan datang. 

“Kegiatan ini sangat penting guna mendengar anspirasi masyarakat untuk merencanakan pembangunan apa saja yang dibutuhkan untuk dilaksanakan pada tahun 2024,” jelasnya.

Suhendra ” mengungkapkan bahwa dari hasil musrenbang ini ditampung berbagai usulan-usulan dari masyarakat untuk kemudian dibahas bersama di tingkat kecamatan agar dapat ditentukan skala prioritas pembangunan sehingga pembangunan ke depan dapat semakin baik.

“Alhamdulillah kami melihat musrenbang yang dilaksanakan ini tampak masyarakat antusias memberikan usulan-usulan. Kami sudah mendengar semua usulan masyarakat dari tingkat bawah dan insya Allah kita akan mengawal usulan-usulan tersebut,” ujarnya.

Dari hasil musrenbang ini, dominan usulan dari masyarakat menginginkan pembangunan fisik, meski demikian pihaknya juga tetap menyarankan agar tetap juga memasukkan program non fisik khususnya peningkatan SDM dan pemberdayaan masyarakat disegala sektor.

Banyak unsur yang diundang dalam Musrenbang ini, seperti Anggota DPRD Kota Bekasi yang hadir 4 orang (H.Muin fraksi Partai PAN, Sardi Efendi Fraksi Partai PKS, Rudi Heriansyah Fraksi Partai PDI.P, Nurfati Fraksi Partai Demokrat ), Inspektorat, forum komunikasi pimpinan kecamatan (forkopimcam) Kapolsek atau yang mewakili, Danramil atau yang mewakili, kemudian dinas opd terkait seperti Disnaker, Dinas Perkim, BMSDA, Damkar, Puskesmas, LPM, BKM,  Lurah dan jajaran Ketua RT, Ketua RW, ketua FKRW, Kader PKK, Kader Posyandu, karang taruna dan para tokoh Agama dan tokoh masyarakat serta lainnya.

Sementara Rudi Heriansyah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi  mengatakan Kehadirannya adalah salah satu bagian dari menjaring aspirasi, bukan dari reses saja kita menjaring aspirasi, melalui musrenbang juga kita harus turun hadir mendengarkan kebutuhan masyarakat.

Lanjut Rudi Heriansyah, selaku Anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Partai PDIP, ” Saran saya untuk para ketua RW mengajukan RKPD itu sesuai sakala prioritas dulu, karena ga mungkin yang diajukan terealisasi semua di tahun ini, karena harus dibagi juga ke wilayah kelurahan lain.

Harapan besar “Tentu harapan kita hasil ini akan dilanjutkan ke Musrenbang tingkat kecamatan, sebelumnya juga pra musrenbang sudah kita laksanakan dan saat ini kita pemaparan hasil Musrenbang tingkat kelurahan. Semoga semua usulan masyarakat di akomodir dan kami warga agar wilayah Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria, mengalami kemajuan khususnya infrastruktur.” (Red)

Penulis : iful
Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here