Retribusi Tahun 2021 Bocor Rp950 Juta, UPTD LH WiL Medan Satria ” Pengawas Kena Getahnya”

0
13

NEWS.POSPUBLIK.COM
MEDAN SATRIA – Target Retribusi Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Kebersihan Lingkungan Hidup Kecamatan Medansatria Kota Bekasi, capai Rp1,4 Miliar pada tahun 2021.

Namun, mengalami kebocoran hingga 950 juta, dan saat ini diminta untuk dikembalikan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) ke Kas Daerah.

Sementara, Kepala UPTD Kebersihan meminta pengembalian uang retribusi tersebut dibebankan kepada pengawas UPTD Kebersihan.

Saat dikonfirmasi Kepala UPTD Kebersihan Kecamatan Medan Satria, Ignasius Tri Irianta membenarkan bahwa ada temuan BPK.

Dan pihaknya diminta untuk mengembalikan kebocoran tersebut ke Kas Daerah.

“Jadi temuan BPK itu, karena temuan pengawas di UPTD Kebersihan memberikan fee atau insentif kepada supir dan kru. Dan pemberian itu tidak di benarkan, sehingga harus di kembalikan,” kata Iyus sapaan akrabnya kepada Rakyat Bekasi, Jum’at (30/12/2022).

Menurut Iyus, temuan tersebut bukanlah temuan Kepala UPTD Kebersihan melainkan pengawas yang memberikan Fee atau Insentif kepada supir dan kru. Dan hal tersebut tidak diterima oleh BPK dan diminta dikembalikan oleh BPK.

“Tapi yang memberikan itu dari bawah, dalam hal ini pengawas. Sekarang pengawas harus mengembalikan. Dari mana uangnya pengawas? Ya dari pungutan retribusi itu. Retribusi yang telah diterima dia harus dikembalikan,” ucapnya.

Iyus pun mengaku bahwa baru sebagian dari sembilan pengawas di UPTD Kebersihan yang mengembalikan. Nominal pengembalian dari pengawas berbeda-beda, ada yang 25 juta sampai 40 juta per pengawas.

Pada intinya, pengembalian dari pengawas di sesuaikan dengan yang diberikan ke supir dan kru.

“Tahun ini kita target Retribusi Rp1,4 Miliar dan sudah 93 persen. Tahun 2021 target Rp1,4 Miliar tercapai 70 persen. Sedangkan armada kita 17 unit, satu unit rusak sehingga tidak jalan. Intinya beban pengembalian retribusi 2021 yang bocor, saya bebankan ke pengawas. Karena tahun lalu saya meneruskan,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here