Dikti Memberikan Program MBKM KKM Kepada Binus Mewujudkan Kampung Batik Di Kota Bekasi

0
12

NEWS.POSPUBLIK.COM
Kota Bekasi
-Pemberdayaan Masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat menjadi bagian penting dalam Tridharma perguruan tinggi.

Pengembangan ekonomi dan sosial masyarakat menjadi fokus untuk kegiatan  income generating, sehingga masyarakat akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan industri kreatif saat ini menjadi salah satu sektor unggulan yang menjadi prioritas pemerintah dan menarik bagi masyarakat.

Untuk itu program Dikti Memberikan insentif kepada perguruan swasta melalui program  insentif pengabdian masyarakat terintergrasi dengan merdeka belajar kampus merdeka berbasis kinerja indikator kinerja utama bagi perguruan tinggi swasta tahun 2022.

Pemberdayaan masyarakat merupakan bagian dari pembangunan masyarakat dalam bidang sosial dan ekonomi.

Pemberdayaan masyarakat akan berhasil jika di lakukan secara terencana, sistematis, melibatkan partisipasi kelompok dan sesuai dengan kebutuhan atas pemanfaatan potensi lokal di lingkungan. Berdasarkan pada pemikiran di atas maka pemberdayaan pengembangan kampung Batik berbasis teknologi digital menjadi pilihan karena Batik menjadi bagian dari usaha masyarakat, memberikan nilai ekonomis, melestarikan nilai budaya dan menjadi kan bagi suatu daerah.

Pemberdayaan kemampuan membatik masyarakat dalam satu kawasan tertentu atau yang sering disebut kampung Batik menjadi harapan stakeholder di Kota Bekasi.

Peserta pelatihan kampung batik di gital berbasis Virtual Tour sebagai wadah promosi bagi Kota Bekasi ( Tiara Batik ) di era industri.4.0 yang terdiri dari pengerajin batik, pemerhati budaya, Wirausaha milenial dan komunitas bersinergi di Kota Bekasi. Binus akan selalu mempunyai komitmen untuk memberikan pendampingan mewujudkan kampung Batik di Kota Bekasi.

Binus sebagai perguruan tinggi di Indonesia mempunyai komitmen kuat untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Salah satu program yang mendapatkan hibah MBKM KKM, berdasarkan keputusan Rektor universitas Binus Nusantara No.01365/REK/XI/2022.

Menugaskan kepada Dr.AGUNG SUDJAMIKO.S.Pd, M.M.dan Team, untuk melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan Topik pengabdian Kampung Batik di gital berbasis Virtual Tour sebagai wadah promosi Batik Kota Bekasi ( Tiara Batik) di Era Industri 4.0.

Pada program PKM pada tahap ini akan dibangun kampung Batik digital berbasis Virtual Tour sebagai wadah promosi virtual tour sebagai wadah promosi Batik Kota Bekasi diera industri 4.0. virtual tour virtual tour merupakan simulasi dari tempat atau lokasi yang sebenarnya merupakan serangkaian foto atau video yang dikombinasikan dengan Sound Effect music, Teks atau Narasi, jelas Dr.Agung.

Sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut. Pilihan Kota Bekasi juga memberikan nilai penting, bahwa Binus memberikan kontribusi untuk mengembangkan potensi, kreatifitas, pemberdayaan ekonomi dan membangun City Branding sebagai Kota jasa’ industri dan kreatif yang berdaya saing . ( Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here