SatLinmas Kelurahan Pejuang Medan Satria Ikuti Sosialisasi Pembinaan Kesamaptaan dan Kewaspadaan Dini ( Diteksi Dini & Cegah Dini) Oleh Kabid Satlinmas Satpol PP Kota Bekasi

0
9

NEWS POSPUBLIK.COM
Kota Bekasi
-Kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi, guna menjadikan wilayah yang aman, nyaman dan tentram , Kasie Pemtartibum Kecamatan Medan Satria, bererta Kasi Ketentraman dan Ketertiban Kelurahan Pejuang menjalin kerjasama dengan pihak terkait salah satunya dengan Pihak Kabid Satlinmas Satpol-PP Kota Bekasi, dalam Pembinaan Kesamaptaan dan Kewaspadaan Dini, SatLinmas Kelurahan Pejuang kecamatan Medan Satria.

SatLinmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.

Agar SatLinmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah kelurahan maka dengan mengadakan sebuah pelatihan Pembinaan Kesamaptaan dan Kewaspadaan Dini SatLinmas yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan guna menghadapi lingkungan yang dapat aman dan tentram .

Pelatihan dan pembinaan kesamaptaan dan Kewaspadaan Dini tersebut dilakukan di wilayah Balai kantor kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria. Rabu(21/09/22).
Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan Pelatiahan tersebut dihadiri oleh Kabit SatLinmas Satpol-PP Kota Bekasi, Kasi Ketentraman dan Ketertiban, Sugiarto, Kecamatan Medan Satria, Hendry, yang mewakili yang berhalangan hadir, Kasie Pemtartibum Kelurahan Pejuang, Sahrul, dan para anggota Linmas Kelurahan Ngesrep sebanyak 32 orang.

Dalam sambutan nya Kasie Pemtartibum kelurahan Pejuang, Sahrul, menekankan adanya wilayah yang kondusif dan nyaman dalam segala situasi dan kondusi di wilayah masing-masing di kelurahan Pejuang Kecamatan Medan Satria Kota Bekasi.

“Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk meberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di wilayah. Misalnya dalam proses pengamanan lingkungan agar menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, meskipun diwilayah kelurahan Pejuang Medan Satria, merupakan wilayah yang yang aman, nyaman dan kondusif .

Tetapi guna untuk mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan kesamaptaan dan Kewaspadaan Dini SatLinmas agar sigap dalam masalah lainnya misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal dan dapat tertangani secepatnya” tutur Kasie Pemtartibum kelurahan Pejuang Sahrul, pada sambutan Pelatihan Kesamaptaan dan Kewaspadaan Dini anggota SatLinmas.

Pada pembinaan kesamaptaan dan Kewaspadaan Dini SatLinmas ldiberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah lingkungan RW masing-masing. Tutur nya.(Red)

Penulis : Iful
Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here