Koperasi Minajaya Mandala Abadi” Muara Tawar’ Gelar Rapat Anggota Dalam Pembentukan Koperasi Nelayan Perikanan

0
14

NEWS.POSPUBLIK.COM
Kab.Bekasi-Tarumaja-
Koperasi Minajaya Mandala Abadi membetuk Koperasi Nelayan Perikanan ” menggelar Rapat Anggota dalam kesiapan pembentukan Koperasi” Koperasi merupakan suatu badan usaha yang dijalankan berdasarkan atas asas kekeluargaan. Pada dasarnya, koperasi diciptakan untuk membantu masyarakat dengan ekonomi yang lemah, agar mampu memenuhi kebutuhannya.

Meskipun dijalankan dengan asas kekeluargaan, anggota koperasi bisa juga mencakup badan usaha. Terdapat beberapa prinsip dalam menjalankan koperasi menurut Pasal 5 Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian (UU Koperasi), meliputi:  Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka; Pengelolaan dilakukan secara demokratis ; Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha tiap-tiap anggota; Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal; dan  Kemandirian. Baca juga: Perbedaan Jenis Koperasi Yang Harus dipahami nah untuk menjalankan koperasi Nelayan Perikanan tentunya perlu perangkat yang menjalankan koperasi. Salah satu perangkat di koperasi adalah Rapat Anggota.  Seperti yang tercantum dalam Pasal 22 ayat (1) UU Koperasi, Rapat Anggota memegang kekuasaan tertinggi dalam jalannya koperasi.

Hal ini dikarenakan Rapat Anggota akan menentukan hal-hal berikut: Anggaran Dasar; Kebijakan umum dibidang ,manajemen ,dan usaha ” Koperasi Nelayan Perikanan “

Menurut Ketua Koperasi Minajaya Mandala Abadi , Muhammad Sambo, mengatakan, bahwasanya dirinya tercetus ingin membuat koperasi Nelayan Perikanan bersama para nelayan adalah bertujuan untuk meningkatkan perekonomian para nelayan atau warga di PLTGU Muara Tawar, kp.Mandala jaya Desa Segarajaya Kecamatan Taruma Jaya Kabupaten Bekasi.

Maka telah dilaksanakan pertemuan dengan warga atau para nelayan yang hendak bergabung menjadi anggota koperasi Minajaya Mandala Abadi ” koperasi Nelayan Perikanan

Alhamdulillah dengan mufakat kami telah membahas beberapa materi dalam koperasi Minajaya Mandala Abadi yang terutama adalah sarana tempat yaitu bertujuan untuk 1.Membangun Kantor Sekertariat Koperasi Nelayan dan Perikanan 2. Membahas keanggotaan 3.membahas upaya agar para nelayan dapat terbantu khusus bisa meningkatkan perekonomian dengan nanti nya ada bantuan. 4. Anggota dapat meningkatkan Simpan pinjam 5. Membudidayakan hasil dari penghasilan Nelayan 6. Nelayan dapat menerima bantuan baik bantuan dalam keperluan nelayan.

Maka Koperasi Minajaya Mandala Abadi akan berupaya untuk menciptakan kemakmuran nanti kepada anggota yang mana Koperasi Minajaya Mandala Abadi ” Muara Tawar Desa Segarjaya Kecamatan Taruma Jaya Kabupaten Bekasi akan menjadikan koperasi Minajaya Mandala Abadi yang dapat kesejahteraan anggota yang mana memiliki prinsip ” Koperasi Minajaya Mandala Abadi yaitu adalah” Dari Kita Untuk Kita ” tutur Ketua Koperasi Minajaya Mandala Abadi ” Muhamad Sambo. ” ( Red)

Penulis :Nahrowi
Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here