Yayasan Seni Budaya Rahyang Niskala Sunda & pengukuhan DPD Rahyang Niskala Sunda Kota Bekasi, Serta DPD Rahyang Niskala Sunda Kabupaten Kuningan Jawa Barat

0
55

NEWS. POSPUBLIK. COM
Kota Bekasi , 
–  Yayasan Seni Budaya Rahyang Niskala Sunda dan Pengukuhan DPD Rahyang Niskala Sunda Kota Bekasi,  Serta DPD Rahyang Niskala Sunda Kabupaten Kuningan Jawa Barat.  Dalam acara Pengukuhan Rahyang Niskala DPD Kota Bekasi dan DPD Kuningan tersebut berjalan dengan hikmad, serta dihadiri daerah setiap daerah, diantara nya dari Kuningan, Bogor, Bandung dan lainnya. Acara tersebut yang diselenggarakan di Taman Wisata Hutan Bambu Margahayu Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat. Minggu ( 27/02/22).

Niskala Sunda berkekuatan di seni dan budaya serta beberapa kegiatan lainya , serta berkolaborasi dengan pemerintah daerah, tidak hanya budaya saja ,Niskala  Sunda juga mengembangkan herbal yang memang sangat kaya akan hasil herbal di tanah Sunda dari Kuningan hinga Banten.

Untuk cagar budaya sendiri banyak situs -situs Sunda yang masih banyak belum terawat hingga Niskala sunda pun membuat divisi cagar budaya , sedang situs sunda masih banyak yang belum terawat dan belum terdeteksi oleh Niskala Sunda.

Sedang seni dan  budaya sunda juga banyak yang hilang  , untuk itu sebagai pelaku seni dan budaya kita harus bekerja keras untuk memoertahankan situs budaya sunda yang masih terawat untuk anak cucu kita nantinya.

Sedang Milad Niskala Sunda banyak juga di hadiri dari kesultanan yang ada di tanah pasundan seperti dari.kesultanan Kanoman , Kuningan  Bekasi, dan dari berbagai daerah lainya.

Sedangkan banyak benda pusaka kita yang masih tersimpan di luar negri terutama di Negri Belanda menurut ketua Niskala Sunda ,kita harus mempertahankan pusaka -pusaka kita dan yang masih banyak di luar negri juga harus kita usahakan bisa kembali agar nantinya pusaka yang di luat negri bisa tersimpan kembali ke negri kita ,karena bangsa kita punya histori akan pusaka yang masih tersebar di berbagai negara.

Sedangkan banyak pusaka yang masih di pegang para kolektor dan juga banyak yang hilang seperti prasasti , pusaka,situs sejarah , sedang kita harus punya ciri pada budaya yang kita punyai.

Sedangkan koordinasi itu penting agar semua budaya baik seni tari  budaya. Artepak ,benda pusaka ,serta daun lontar yang mengandung tulisan sejarah bisa kita rawat sesuai dengan fungsinya.

Menurut   Ketua Umum
R. Diana Sekar Pinuji. M. Pd, untuk DPD Rahyang Singkala di jawa Timur sudah 11 DPD sedang untuk Jawa Barat sendiri baru beberpa saja yang sudah terbentuk ,sedang umdengan Pemerintah daerah bisa bermitra demi terwujudnya bisa melestarikan budaya yang kita punya .

Wahyuningsih, S. Pd. I selaku Ketua DPD  Rahyang Niskala Kota Bekasi,  mengatakan, bahwa di kota Bekasi ini sangat lah banyaknya tentang seni dan  budaya sunda juga banyak yang hilang  , untuk itu sebagai pelaku seni dan budaya kita harus bekerja keras untuk mempertahankan situs budaya sunda yang masih terawat untuk anak cucu kita nantinya.


Maka kami akan mengembangkan Rahyang Niskala Sunda di daerah Kota Bekasi, dan kedepan nya pun kami akan menjalin komunikasi dalam kemitraan dengan Pemerintah Daerah Kota Bekasi,  sehingga nilai-nilai budaya sudah akan terwujud dan dapat dikenang oleh masyarakat luas termaksud untuk sejarah nanti nya bagi anak dan cucu kita. Tuturnya. (Red)

Reporter  : Hendra Julianto
Editor       : Iful

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here