RUMAH LITERASI WASKITA JADI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL MENYELENGGARAKAN MILAD KE 2.

0
40

NEWS.POSPUBLIK.COM
Brebes-jawa-tengah
, Dalam waktu yang sudah menginjak umur ke 2 tahun, Rumah Literasi Waskita menjadi perpustakaan berbasis inkluisi sosial secara komunitas.

Rumah Literasi Waskita yang beralamatkan di Desa Kedungtukang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes saat ini menggelar Milad ke 2

Dalam acara milad  itu di hadiri oleh Bupati Brebes yang di wakilkan oleh Kepala Baperlitbangda Brebes, Drs. Apriyanto Sudarmoko, Sekretaris Perpusda Brebes, Kecamatan Jatibarang, Komunitas Dikata, Komunitas Blakasuta, dan Komunitas UMKM.

Dalam kesempatannya Eko Dardirjo, Penyelenggara milad mengatakan, bahwa Rumah Literasi Waskita saat ini sudah menjadi perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di kabupaten.

” Alhamdulillah hasil kerjasama Rumah Literasi Waskita dengan Perpustakaan Daerah Brebes, sekarang ini sudah menjadi perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial secara komunitas dan setiap tahun melaporkan perkembangan kegiatan literasi ke Perpusnas RI,” katanya.

Dirinya menambahkan, kegiatan ini sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan untuk membantu literasi di kabupaten dengan beberapa aksi nyata.

” Beberapa kali Rumah Literasi Waskita membagikan bantuan buku, juz ama dan lain sebagainya kepada lembaga atau TBM yang ada untuk saling mendukung kegiatan di bidang Literasi,” tambahnya.

Bahkan, lanjut dia, kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, dari mulai registrasi tamu undangan sudah di sediakan handsanitizer untuk selalu cuci tangan dan masker termasuk tempat duduk yang tetep dengan jaga jarak sehingga benar-benar selalu memperhatikan prokes yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, Toto Carto, Ketua Rumah Literasi Waskita menuturkan, Rumah Literasi Waskita dihadirkan di tengah masyarakat agar benar-benar dimanfaatkan untuk kegiatan positif.
” Banyak kegiatan dari mulai kegiatan anak muda untuk mengembangkan kreatifitas, dan juga kegiatan literasi lainnya yang mendukung masyarakat agar terus belajar dan berinovasi agar tidak berdampak pada IPM Brebes saat ini,” tuturnya.

Carto sapaannya terus berupaya agar Rumah Literasi Waskita ini bisa berkembang dan bisa meningkatkan minat baca masyarakat di kabupaten Brebes.

” Dengan siapapun dan dimana pun kami tetap akan bekerjasama di bidang sosial, pendidikan, dan bidang lainnya sehingga pengaruh adanya Rumah Literasi Waskita bisa di rasakan oleh masyarakat banyak,” ungkapannya.

Kegiatan tersebut di isi oleh Puisi dari Zara Setire BY pemenang lomba puisi juara 1, komunitas Blakasuta dan penampilan apik dari Maestro Brebes Atmo Tan Sidik dan Ki Dalang dari Tegal,Tuturnya. ( Red)

REFORTER  : S TIRTO.A.BD.
EDITOR : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here