BREBES DESTINASI RINTISAN WISATA ( KAMPUNG EDUKASI ) RENGAS PENDAWA- KEC LARANGAN, KAB BREBES

0
110

NEWS. POSPUBLIK. COM
BREBES
Jawa tengah – Sejak Destinasi wisata  perdesaan bermunculan dan beberapa mulai dibuka,  wisatawan sepertinya antusias menyambut, apalagi selama PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) diberlakukan masyarakat cenderung jenuh berdiam diri dirumah saja.

Salah satunya kawasan wisata di Desa Rengaspendawa Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, Kawasan wisata yang dikenal Wisata Kampung Tanah Bengkok menjadi daya magnet tersendiri bagi wisatawan .

Sejumlah wisatawan terlihat padat mengunjungi termpat tersebut ” Desa wisata ini memiliki berbagai aktivitas wahana, diantaranya gazebo, foodcourt, dan kolam renang anak.

“Ada 10  gazebo kecil dan 3 gazebo besar, foodcourt, kolam renang anak” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Bengkok, Eko Dardirjo, Selasa(1/2/2022)

Rencananya wisata ini juga bakal dilengkapi coffe shop, termasuk permainan anak dan spot foto lainnya” ujar Eko

Tempat wisata baru ini memanfaatkan tanah kas desa (bengkok) seluas 5 hektar. 

Lahan persawahan tersebut disulap menjadi tempat wisata edukasi.

Total lahan ada 12 hektar yang rencananya akan terus diperluas dengan melengkapi konsep edukasi seperti, wisata pertanian, peternakan, perikanan, dan lainnya .

Wisata Kampung Bengkok ini dibangun di atas lahan pertanian yang kurang produktif. Kampung Bengkok ini dibangun dengan kesepakatan pemerintah desa, yang nantinya menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Desa (PADes), Ungkapnya

Sementara Kepala Desa Rengaspendawa, Sumardi mengatakan, adanya Wisata Kampung Bengkok bisa menjadi salah satu alternatif dalam rangka pemulihan ekonomi, dan lanjutnya memotivasi terhadap desa-desa yang berpotensi membangun kampung wisata ( ARGOWIS ) demi untuk memulihkan perekonomian serta mengentas Masyarakat yang masih belum mendapatkan pekerjaan didesa itu sendiri yang selama ini
“Ini manjadi salah satu upaya kami untuk meningkatkan perekonomian desa. Pemanfaatan tanah kas desa ini juga sudah melalui berbagai tahapan musyawarah dengan tokoh-tokoh masyarakat, setempat” ungkapnya.(Red )

Reporter: S TIRTO.A.BD.
Editor : iful

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here