Ketua RW 07 Bekasi Jaya Monev di Masjid Al Ittihad RT 007 RW 007 Bersama Pamor Dan Babinsa TNI saat Pemotongan Hewan Kurban Di lingkungan

0
225

NEWS. POSPUBLIK. COM
KOTA BEKASI
-Hari ini umat muslim merayakan hari raya Idul Adha. Dari pantauan di Monev yang dilakukan oleh Ketua RW 07 Arfansyah ( Aboy) bersama Pamor Kelurahan Bekasi Jaya dan Babinsa TNI Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, sebagian besar warga melaksanakan solat Ied di rumah maupun lingkungan masing-masing.

Sebagian warga melaksanakan solat di masjid sekitar rumah dengan mengikuti protokol kesehatan ketat. Setelah solat, warga mulai melakukan pemotongan hewan kurban di lingkungan masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk memastikan prokes dijalankan warga, team Monev keliling kelingkungan seperti di Jl. KH Agus Salim, Kp. Teluk Angsan RT 007 RW 007 Bekasi jaya, Jl. RAYA Mekar Sari Gg. MANGGIS I RT 008 RW 007 Bekasi jaya.

Meski sebagian besar tertib, namun masih ada juga yang kurang disiplin pribadi dalam memakai masker maupun protokol kesehatan lainnya. Ia beberapa kali berhenti di lokasi pemotongan hewan kurban untuk mengingatkan panitia dan warga agar taat protokol kesehatan.

Seperti terlihat di kampung Teluk Angsan RT 07 RW 07 Bekasi jaya, pelaksanaan pemotongan hewan kurban ramai oleh warga.

Begitu jugatampak sebagian warga tidak memakai masker dan berdiri dengan jarak yang berdekatan.

“Mas maskernya dipakai. Pak tolong diingatkan warganya agar tetap pakai masker. Pokoknya yang masuk area ini suruh pakai masker. Jangan sampai ada klaster kurban,” kata ketua RW 07 Bekasi jaya, Arfansyah (Aboy) , mengingatkan panitia kurban, Selasa 20 Juli 2021.

Sebelumnya, aturan dari Kementerian Agama dan juga Walikota Bekasi, Pemerintah Daerah Kota Bekasi sudah pula mengingatkan warganya untuk disiplin prokes saat melaksanakan pemotongan hewan kurban. Bahkan kalau perlu pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH), serta pembagiannya dengan sistem door to door.

Namun dalam pemotongan hewan kurban khusus dilingkungan RW 07 telah melakukan SOP nya sama melakukan Prokes, dan dalam pemotongan serta pendistribusian daging hewan kurban panitia dalam pendistribusian melalui sistem  door to door.

Ketua RW 07 Arfansyah (Aboy) bersama Pamor Kelurahan Tia Purwanti dan Babinsa TNI  Sertu Suparno hanya mewakili  satgas Kelurahan Bekasi jaya kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Hal lainnya dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, yang dilakukan oleh panitia hewan kurban di Mushola Al- Husna belakang kantor Kelurahan  Bekasi jaya, Bekasi Timur hanya menyembelih hewan kurban berupa
Kambing 10 ekor dan sapi 1 ekor, serta dalam pemberian daging hewan kurban dilakukan secara ditribusian sekitar 230 kupon nya dengan sistem dor to dor, kerumah warga masyarakat yang telah memiliki kupon untuk pengambilan daging hewan kurban.

Menurut Ketua DKM Mushola Al- HusnaJl. RAYA Mekar Sari Gg. MANGGIS I RT 008 RW 007  Ketua DKM Musholla Ade Achadiyat,  mengatakan, dalam pemotongan hewan kurban panitia telah melalui protokol kesehatan (Prokes) sehingga kami pun dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban berjalan tertib menggunakan maskes, dan sarung tangan plastik dan menjaga jarak guna untuk mencegah wabah dampak COVID-19, katanya.

Sedangkan menurut Ketua RT 08 /07, Ade Mulyono mengungkapkan, bawaannya pada hari raya idul adha 1442 H ditahun 2021 ini ” Alhamdulillah adanya kenaikan dalam pemotongan hewan kurban, yah tahun ini kami dapat memotong hewan kurban yaitu 1 ekor sapi dan 10 ekor kambing dengan pendistribusian 230 kupon untuk sekitar warga masyarakat dilingkungan RT 08/07 kp. Teluk angsan Mekar sari Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, semoga pada tahun akan datang lebih ada kemajuan lagi dalam pemotongan hewan kurban. ” Hal dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban pun kami melakukan SOP dengan menjalani Protokol kesehatan ( Prokes) akhirnya kamipun dapat melakukan dengan baik, dan juga telah dipantau lansung oleh Ketua RW 07 bapak Arfansyah ( Aboy) bersama Pamor Kelurahan Bekasi Jaya, Tia Purwanti dan Babinsa TNI Sertu Suparno. Selalu team Monev Perwakilan dari Kelurahan Bekasi Jaya Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi. ( Red)

Reporter : Iful
Editor      : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here