Kapolres Metro Bekasi Bersama Muspika Cikarang Timur. Tinjau Posko Isolasi Terpusat di Desa Jatireja

0
33

NEWS POSPUBLIK.COM
Kab Bekasi
– Banyaknya kasus Covid-19 di Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, membuat Muspika bersama Satgas Covid-19 Desa Jatireja mengambil keputusan untuk melakukan isolasi mandiri secara terpusat tingkat Desa, yang sebelumnya telah dilakukan peninjauan terlebih dahulu di Gedung sekolah yang akan dijadikan tempat karantina atau isolasi mandiri tingkat Desa tersebut oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi.

Isolasi Mandiri Terpusat tingkat Desa Jatireja ini akan dipusatkan di Gedung Sekolah “Rabbaanii Islamic School” di Perum Graha Asri, Jln Cimandiri VIII, Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, karena dinilai layak dan dari pihak pemilik sekolah pun menyambutnya dengan baik.

Dengan adanya isolasi mandiri terpusat tingkat Desa ini, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, S.I.K.,M.Si, yang juga sebagai Wakil Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, meninjau langsung tempat yang akan dijadikan untuk isolasi mandiri tersebut, Sabtu (26/06/2021).

Kapolres menerangkan saat press confference bersama awak media bahwa tempat ini sudah layak dan baru pertama kali ada tempat isolasi mandiri secara terpusat dengan mengunakan fasilitas sekolah, dan baru pertama kali juga isolasi mandiri terpusat tingkat Desa dan diperkirakan kapasitasnya bisa menampung 25 sampai 50 orang.

“Setelah dilakukan peninjauan, Gedung Sekolah ini sudah cukup layak karena bersih, asri, nyaman dan luas juga untuk dijadikan tempat isolasi mandiri terpusat tingkat Desa, dan kapasitasnya bisa mencapai antara 25 sampai 50 orang, disini juga sudah menyiapkan dapur umum, tempat berjemur dan olahraga,” Ujar Kapolres.

“Ditempat isolasi mandiri terpusat tingkat Desa ini nantinya akan dipantau oleh satgas covid Desa Jatireja, tenaga kesehatan sendiri nanti ada dokter yang dipersiapkan untuk mengecek kondisi kesehatan pasien yang diisolasi,” Tambahnya.

“Tempat ini juga hanya diperuntukan buat pasien orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan,” tutupnya.

Kapolres juga menjelaskan status kondisi zona Cikarang Timur yang tadinya zona merah menjadi zona orange, serta 2 titik yang tadinya dilakukan Mikro Lockdown kini sudah dibuka dan menjadi zona hijau, serta menjelaskan bahwa tempat ini juga akan dijadikan Posko Taktis yang nantinya akan memonitoring seluruh wilayah Desa Jatireja tentang penyebaran Covid-19.

Ditempat yang sama H. Hari Prasetyo selaku pemilik sekolahan “Rabbaanii Islamic School” menegaskan bahwa merasa siap sedia untuk membuka kesempatan yang baik untuk membantu penanganan Covid-19 di wilayah Desa Jatireja, dan menjelaskan fasilitas yang ada di ruangan yang akan digunakan untuk isolasi tersebut sudah siap.

“Kami dari Yayasan Rabbaanii menerima dengan baik dengan dijadikannya tempat ini untuk membantu penanganan Covid-19, bukan hanya pemerintah dan pihak terkait tapi kita semua lapisan masyarakat, dan kami merasa terhormat karena bisa membantu pananganan Covid-19, dan sekolah kami dijadikan tempat isolasi mandiri terpusat Desa Jatireja, dan kami tidak takut tempat kami dijadikan tempat isolasi karena kami yakin pasti dilakukan dengan prokes yang baik,” Ucapnya.

Kapolsek Cikarang Timur Kompol J.Sitorus SH mengatakan, “Karena di Jatireja ini lumayan banyak dan begitu ada Vaksinasi saya melihat ada sekolah maka saya memberanikan diri untuk meminta kepada pemilik sekolah untuk dijadikan tempat isolasi mengingat beberapa tempat isolasi sudah hampir penuh dan rumah sakit (RS) juga rata-rata hampir penuh,” Ucapnya.

“Pihak sekolah sendiri bersedia dan menyambut dengan baik permintaan kami dengan dijadikanya tempat isolasi terpusat tingkat desa jatireja, di dalam ruangan sekolah sendiri sudah ada fasilitas yang bisa digunakan seperti pendingin ruangan (AC), Bad (Kasur), dan yang lainya, sehingga bisa memberi kenyamanan kepada pasien yang akan diisolasi nantinya,” Ucap Kapolsek.

Ketua Satgas Covid-19 Desa Jatireja Danny Ramdany juga menjelaskan, perlu diketahui sebelumnya, kami juga sudah melakukan beberapa penanganan, mulai dari penyemprotan disinfektan hingga woro-woro kepada masyarakat agar terus menjaga protokol kesehatan dengan baik, tandasnya

Dalam peninjauan ini juga dihadiri selain Kapolres Metro Bekasi dan Kapolsek Cikarang Timur turut hadir, camat Cikarang Timur, Kepala Desa Jatireja dan Kepala Puskesmas Lemah Abang serta Satgas Covid-19 Desa Jatireja. (Red)

Reporter : ( Ruben )
Editor : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here