Lurah Cimuning Mustika Jaya Pimpin Langsung Evakuasi Korban Banjir

0
45

NEWS.POSPUBLIK.COM
KOTA BEKASI-
diguyur hujan selama dua malam jumat hingga sabtu (20-20/2021) dan berdampak banjir khususnya yang kerendam di komplek Kotabaru Cimuning , Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi. (20/02/2021)

Rumah warga akibat dihantam guyuran air hujan yang cukup deras kembali didatangi hujan pada malam sabtu dengan semalam suntuk hingga pagi dan juga dasar dari kiriman air kali di Burangkeng Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, kali Asem Sumur Batu Kecamatan Bantar gebang Kota Bekasi.

Demikian pula kondisi banjir yang terjadi di wilayah perumahan Colombus dengan jumlah 80 KK dan 195 jiwa. Yang berada Kelurahan Cimuning, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi.

Menurut Lurah Cimuning, “Martam ” saat meninjau langsung titik banjir yang menimpa Komplek Kotabaru Cimuning Mustikajaya, pada dasar diawali begitu genangan air telah memasuki pemukiman warga maka lansung diambil tindakan dengan melakukan penyedotan air bersama UPTD Bina Marga bapak teguh wicaksono.

Namun karena telah diguyur hujan kembali semalaman pada malam sabtu (20/02/21) hingga pagi, maka mengakibatkan banjir, adapun banjir tersebut dasar kiriman luapan air kali Burangkeng kecamatan Setu, kali asem TPA Sumur Batu, kecamatan Bantar gebang.

Sedangkan dalam Peninjauan nya langsung dalam titik banjir yang terjadi menimpa Komplek Kota Baru, lurah Cimuning lansung melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir dengan mengunakan perahu karet, .yang awalnya ketinggian debit air hampir 1 meter, namun setelah adanya penyedot air sehingga genangan air cepat surut.

Namun disisi lainnya akibat luapan air kali Burangkeng Kecamatan setu dan luapan air kali Asem Sumur Batu Bantar gebang, mengakibatkan banjir terjadi di wilayah Prumahan Bekasi Timur Regency, Perumahan Bekasi Timur Regency 3, Perumahan Colombus ( Kelurahan Padeurenan Mustika Jaya) yang awalnya ketinggian debit air hampir 1 meter, namun setelah adanya penyedot air sehingga genangan air cepat surut.

” Martam ” selalu Lurah Cimuning Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi, lansung bersama tiga pilar dan para staf pegawai kelurahan terjun lansung ketitik lokasi banjir yang menimpa pemukiman warga,

” Alhamdulillah banjir yang telah menimpa pemukiman warga atas dasar curah hujan semalaman yang mengakibatkan banjir genangan air di pemukiman warga Komplek Kotabaru Cimuning , namun dengan dilakukan nya penyedotan air bersama UPTD Bina marga “lokasi ini terjadi banjir hanya genangan air sejak pukul 02.00 WIB Jumat dini hari. Banjir mencapai 1 meter meski saat ini sudah mulai surut.

Menurut Lurah Cimuning Kecamatan Mustika Jaya, ” Martam” Mengatakan, secara langsung memimpin giat evakuasi korban banjir khusus nya warga masyarakat di komplek Kota baru Cimuning, dengan mengevakuasi nya dinaikan ke lokasi perkampungan atas yang ada dilokasi RT 03.

Hal nya pihak Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, secara langsung sudah menyiapkan Posko banjir di kantor kelurahan Cimuning Mustika Jaya, yaitu di Posko Koramil, dan juga mobil kendaraan operasional Kelurahan Cimuning digunakan untuk operasional mengakut dan membantu bagi warga korban banjir, bahkan untuk semua korban banjir sudah secara langsung mendapatkan bantuan berupa sembako Mie Instan dan Obat-obatan , serta pihak puskesmas pun telah siap untuk memberikan bantuan dalam penanganan pengobatan bagi warga korban banjir.

Pada prinsipnya pihak pemerintah kelurahan Cimuning Kecamatan Mustikajaya bersama tiga pilar ” Siap selalu membantu dam memenuhi pertolongan warga masyarakat yang terkena musibah banjir.” Ujar Lurah Cimuning Kecamatan Mustikajaya Kota Bekasi. ” Martam “

Dia menejelaskan terdapat puluhan rumah yang terendam genangan air hanya ketinggian sekitar 20 cm hingga 30 cm. Namun genangan air tersebut telah surut kembali setelah dilakukan penyedotan.

Pasukan tim dari pihak kelurahan Cimuning Mustika Jaya, dengan sigap bekerja yang dipimpin langsung Lurah Cimuning , ” Martam” Mereka lansung melakukan evakuasi atau mengungsikan korban banjir yaitu diantaranya lansia dan terutama anak-anak, bayi serta wanita.

Mereka langsung terjun ke lokasi titik banjir mulai pukul 07.00 WIB (pagi) sampai kini masih di lapangan mengungsikan warga yang terkena banjir.

Para korban banjir tersebut ditangani di pos-pos penanggulangan banjir di tempat yang aman dan diberi makan, minum yang cukup serta pemeriksaan kesehatan. Ujar Lurah Cimuning Mustika Jaya,” Martam”. (Red)

Reporter : iful

Editor : SF

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here