Penilaian Lomba RW Siaga di Perumahan Sigma RW 20 Kelurahan Jatimakmur Pondok Gede Kota Bekasi

0
127

NEWS.POSPUBLIK.COM
KOTA BEKASI
– Lomba Penilaian RW Siaga Kota Bekasi memasuki hari kelima Bertempat di perumahan Sigma RW 20 terpilih sebagai wilayah yang dijadikan salah satu kandidat di Kelurahan Jatimakmur Kecamatan Pondok Gede. (Jum’at, 05/02/2021).

Tim Penilai yang dihadiri oleh : Kabag Tata Pemerintah (Tapem) Kota Bekasi, Camat Pondok Gede, Sekcam Pondok Gede, Lurah Jatimakmur, Pasiter Kodim 0507, Kasat Binmas Polres Bekasi Kota, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas UMKM, BPBD, Dinas Sosial.. Sertai unsur yang dinilai :

  1. Kategori Zero Covid 19
  2. Zero Kriminal
  3. Zero Ketahanan Pangan & Ekinomi Kerakyatan

Dalam pelaksanaannya Tim Penilai Lomba RW Siaga tingkat Kecamatan Pondok Gede kali ini, melakukan pengecekan Bidang Hanpangan dan Bidang Zero Kriminal.

Dengan kategori;
Bidang Hanpangan meliputi :
– Budidaya magot.
– Hidroponik.
– UMKM (kerajinan peyek, donat, katar fresh, tas dari bahan sampah plastik)
– Budidaya Ikan Lele
– Ternak Ayam
– Peninjauan Bank Sampah
– Apotik Hidup
– Tanaman Obat Keluarga (Toga)

Bidang Zero Kriminal meliputi :
~ Pengecekan administrasi dan perlengkapan yang ada di Posko Siaga antara lain, buku barang inventaris, jadwal ronda, buku kejadian, sepeda, senter, jas hujan, kentongan, pentungan, Apar, sepatu bot, Alkom, sepeda until patroli keliling.
~ Fasilitas akses kamera CCTV di titik rawan lingkungan RW 20 Kelurahan Jatimakmur Pondok Gede.
~ Pengecekan portal pembatas lingkungan hal lainnya yang dilakukan Teman Penilaian dan pengecekan adalah “Dalam menghadapi masa pandemi ini, perlu adanya contoh dalam satu lingkup wilayah agar dapat menghadapinya dan saling peduli dalam menghadapi Covid-19”.

“Yang paling penting adalah pencegahan, dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M, (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak),” tutupnya

Kasat Binmas Polres Bekasi Kota AKBP Wiyono S.H., MH, mengatakan, Di Wilayah RW 20 Perumahan Sigma ini yang mana disetiap RT mempunyai Pos Pantau.

Kepada Tim Penilai, “Dwi Nurmanto Hadi ” selalu Ketua RW 20 memaparkan bahwa, di RW 20 khusunya di Perumahan Sigma Jatimakmur Pondok Gede ini digalakkan  bersama, yaitu sehat dan selamat dari Covid-19,” paparnya.

Setiap RT menugaskan 1 orang keamanan dengan jadwal tugas menjaga wilayah masing-masing berkoordinasi dengan bimaspol dan babinsa,” tambahnya.

Dalam kegiatan diwilayah ini untuk usaha ketahanan pangan menekankan pada program jimpitan 1 sendok beras awalnya, namun kemudian ditetapkan pada jumat barokah yaitu menggantungkan hasil swadaya masyarakat yakni beras atau sayuran untuk warga yg terdampak Covid-19. 

Didalam proses penilaian Tim Penilai berkeliling wilayah untuk memastikan bahwa paparan yang disampaikan sesuai dengan yang ada dilapangan. (Red)

Reporter : iful

Editor : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here