Pemkot Bekasi Raih Berbagai Penghargaan pada Peringatan Hari Ibu Ke-92 Tingkat Jabar

0
83

NEWS.POSPUBLIK.COM
Kota Bekasi-
Dalam Rangka Peringatan Hari Ibu (HPI) Ke-92 tahun 2020 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan melalui Virtual bertempat di Gedung Balai Patriot Kota Bekasi, Kota Bekasi meraih 2 Penghargaan sekaligus.

Penghargaan pertama sebagai Juara kedua Program Ngabring Ka Sakola (NGABASO), penghargaan kedua sebagai Juara ketiga Program Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Sementara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI juga memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada Forum Anak Kota Bekasi sebagai Forum Anak Terbaik pada Webinar Rencana Aksi Pelibatan Anak dan Keluarga sebagai 2P dalam upaya Penurunan Stunting melalui “Pemahaman Sanitasi dan Air Bersih”.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bekasi, H Makbullah mengatakan program Ngabring ka Sakola (NGABASO) merupakan komitmen Kepala daerah dalam bidang perlindungan anak yang memiliki 3 (tiga) dimensi .

Pertama, menumbuhkan partisipasi anak-anak untuk turut ambil peran memecahkan persoalan rute ke/dari sekolah mereka secara bersama-sama dengan orang tua dan sekolah, Kedua mendorong agar pemerintah pusat/pemerintah daerah mulai memberikan perhatian terhadap pembangunan rute aman dan ke/dari selamat sekolah.

Dan, Ketiga menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk turut serta melaksanakan perlindungan anak khususnya pada kelompok anak-anak yang berjalan kaki menuju dan dari sekolah.

Adapun sasaran dari program Ngabring Ka Sakola (NGABASO) yakni seluruh siswa tingkat SD/sederajat, SMP/sederajat. SMA/sederajat yang disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Terkait Program Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), lanjutnya merupakan program yang menggunakan pola pendekatan lintas bidang dan lintas sektor pembangunan secara terkoordinasi, dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

“Melalui program diharapkan terjadinya penurunan jumlah keluarga miskin atau keluarga prasejahtera dan sejahtera. Dengan prioritas rawan sosial ekonomi, kesehatan, pendidikan serta perilaku masyarakat yang kurang baik dan tidak sehat,” ungkapnya.

Sambungnya, pola lintas program dan lintas sektor dalam pembangunan secara terkoordinasi dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas dan perubahan perilaku masyarakat.

Pelaksanaan P2WKSS di Kota Bekasi Tahun 2020 di RW 004 Kelurahan Bintara Kecamatan Bekasi Barat ditetapkan dengan Keputusan Wali Kota Bekasi. Tim Penilai DP3AKB Provinsi Jawa Barat kemudian datang ke lokasi P2WKSS di Kelurahan Bintara untuk melakukan penilaian.

DP3AKB Kota Bekasi kemudian melakukan bimbingan teknis pada sasaran program dengan kegiatan, rapat dengan koordinasi, evaluasi awal, pembinaan ke lokasi sasaran, Sosialisasi Program P2WKSS, Pembinaan kepada pengelola, dan workshop kader P2WKSS pada 100 warga binaan.

Pembinaan keterampilan yang dilakukan seperti pelatihan membuat kue, pelatihan membuat bunga dari akrilik, pelatihan tata rias wajah dan pelatihan menjahit penyusunan indikator penilaian, penilaian/evaluasi tingkat Kota dengan mengadakan rapat Evaluasi dengan OPD, Kecamatan, Kelurahan RW lokasi binaan P2WKSS untuk dinilai dan dievaluasi oleh tingkat Kota kesiapannya. Pembinaan ke lokasi sasaran RW.004 Kelurahan Bintara Kecamatan Bekasi Barat untuk persiapan evaluasi akhir di tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulillah Kota Bekasi Meraih peringkat ketiga Lomba Program P2WKSS Tahun 2020 Tingkat Provinsi Jawa Barat, Pelaksana terbaik P2WKSS Kategori Kota”. (Red)

Reporter : (goeng)

Editor. : Iful

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here