Proogram Pembelajaran Jarak Jauh Kota Cirebon

0
1191

POSPUBLIK.NEWS.COM
Cirebon
– Pada saat ini Universitas Pendidikan Indonesia sedang melakukan kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19.

Namun pelaksanan kegiatan ini tidaklah secara langsung kemasyarakat melainkan daring, hal ini dikarenakan terdapat mahasiswa yang tersebar diberbagai macam daerah di Indonesia.

Salah satunya saya, Reny Nurandini asal daerah Cirebon, UPI Purwakarta dibawah bimbingan dosen ibu Jennyta Caturiasari,M.Pd. Akibat Pandemi Covid-19, kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak memungkinkan untuk tatap muka secara langsung.

Berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia tampak kebingungan menentukan cara KBM yang cocok dalam situasi seperti ini.

Tapi tidak untuk Kota Cirebon. Langkah pembelajaran daring pun akhirnya dilakukan. Pemerintah Kota Cirebon mengadakan KBM khusus untuk SD dan SMP, agar bisa berlangsung meski tidak tatap muka.

Bagaimanakah caranya Pemerintah Kota Cirebon khususnya Dinas Pendidikan, telah menggagas untuk kegiatan Belajar dari Rumah Program Jarak Jauh (PJJ) Semester 1 Tahun Pelajaran 2020-2021 melalui salah satu stasiun televisi swasta di Kota Cirebon yaitu RCTV.

Guru yang berada dalam wadah KKG (Kelompok Kerja Guru) di Kota Cirebon telah ditugaskan untuk mengisi jadwal Pembelajaran Jarak Jauh tersebut sesuai jamnya dan keahliannya, dalam hal ini para pengajarnya adalah guru-guru pilihan. Dipilih dari guru-guru terbaik di Kota Cirebon atau biasanya disebut dengan “Guru Model”.

Dalam menentukan guru model, Dinas Pendidikan Kota Cirebon melibatkan pihak-
pihak tertentu dalam hal ini Disdik diwakili oleh pengawas, kemudian pihak K3S dan KKG itu sendiri.

KBM “Belajar dari Rumah” ini berlangsung di Studio 1 RCTV, dimana cara kerjanya ini, guru memaparkan materi dan bahan ajar sesuai tupoksinya didepan kamera dengan menggunakan media Microsoft Power Point (walaupun belum pernah berpengalaman dan tidak ada latihan terlebih dahulu bagaimana cara melakukan KBM didepan kamera TV).

Dan siswa hanya menyaksikan dan menonton siaran televisi melalui saluran RCTV dirumah. Prosesnya pun dipaparkan secara siaran langsung dan nantinya diupload di Channel Youtube “RCTV Cirebon” dan dapat ditonton kembali oleh siswa.

KBM berlangsung secara merata. Jadwalnya Pagi untuk SD kelas 1,2,3. Siang untuk siswa SD Kelas 4,5,6. Dan sore untuk siswa SMP. Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) siswa yang belajar dirumah dibekali lembar kerja yang disebut dengan “Journal Harian Belajar” yang berisikan kegiatan belajar, pengalaman hari ini, harapan untuk esok hari dll, yang harus dilaporkan ke guru masing-masing.

Menurut saya, program ini sangat bagus dan luar biasa, karena semua kalangan berbagai kota pun dapat menyaksikan kelincahan guru-guru yang mengajar dalam pembelajaran ini melalui Youtube RCTV ini. Program ini jauh dari kata sempurna, tapi program ini dapat menunjukan KBM di Kota Cirebon berjalan dengan baik. (Red)

Penulis Artikel : Reny Nurandini

Editor.    :SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here