Masa Pademik COVID 19 Tidak Menjadi Penghalang Bagi Mahasiswa UPI Purwakarta Untuk Tetap Melaksanakan Kegiatan KKN

0
61

POSPUBLIK.NEWS.COM
Purwakarta
-Virus corona yang melanda dunia termasuk Indonesia sejak awal Maret sampai saat ini, ini membuat hampir semua aktivitas masyarakat dilakukan secara daring.

Meskipun Indonesia tidak melakukan lockdown, namun pemerintah memutuskan peraturan untuk melakukan segala jenis kegiatan di rumah saja atau disebut work from home guna memutus rantai penularan yang semakin banyak.

Meskipun saat ini Indonesia berada pada masa adaptasi kebiasaan baru dimana sebagian kegiatan sudah dapat dilakukan di luar rumah dengan protokol kesehatan yang ketat, namun dalam dunia pendidikan masih dilakukan secara daring sampai waktu yang belum dapat ditentukan.

Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta adalah salah satu perguruan tinggi yang menerapkan work from home, sampai pada kegiatan pengabdian atau yang biasa disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya dilakukan dengan langsung terjun ke masyarakat kini dilakukan secara online atau daring.

KKN Tematik gelombang 2 ini bertujuan untuk mencegah serta menanggulangi dampak COVID 19 dibidang pendidikan dan ekonomi. KKN Tematik ini dilakukan selama 30 hari mulai dari 17 November hingga 17 Desember 2020, kegiatan KKN ini dilaksanakan oleh mahasiswa UPI secara individual di daerahnya masing-masing .

Penulis yang merupakan salah satu mahasiswa UPI Purwakarta dengan dosen pembimbing lapangan Fitri Nuraeni,M.Pd yang senantiasa mendampingi serta memberikan arahan untuk program KKN Tematik Pencegahan dan Penang gulangan Dampak COVID-19 yang dilaksanakan di daerah Jalan. Jendral Sudirman GG. Mawar 2 no 198/21 Rt/Rw 81/07, Desa Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta dan juga mengabdi di SDN 3 Selaawi.

Kegiatan ini bermaksud untuk untuk mengedukasi siswa maupun masyarakat tentang pencegahan serta penanganan dampak COVID 19. Walaupun tidak dapat terjun secara langsung ke lapangan, namun hal tersebut tidak menghalangi mahasiswa UPI untuk tetap melakukan kegiatan pengabdian yang dilakukan secara daring.

Program yang terdapat dalam kegiatan KKN ini telah dirancang sedemikian rupa supaya kegiatan pengabdian ini tetap dapat berjalan dan bermanfaat untuk masyarakat meskipun harus mengalami kemunduran dalam waktu pelaksanaan yang seharusnya dilakukan pada bulan Agustus.

KKN ini didominasi dengan kegiatan dalam bidang pendidikan yaitu membantu guru, wali siswa serta siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Kini pembelajaran jarak jauh sudah tidak asing lagi, meskipun masih banyak faktor penghalang yang terjadi di lapangan seperti jaringan internet yang tidak merata, keadaan ekonomi dan sosial tiap keluarga yang berbeda-beda, dan lainnya, yang terkadang membuat pembelajaran menjadi kurang efektif namun pemanfaatan media sosial seperti youtube, whatsapp, google classroom, dan lain-lain, yang saat ini cukup mudah untuk mengaksesnya sehingga sangat membantu dalam pembelajaran daring ini.

Sejauh kegiatan KKN ini berlangsung sekolah menyatakan sangat terbantu, karena ada beberapa guru yang memang belum menguasai teknologi secara baik. Dengan itu penulis
membantu dalam mencari video untuk bahan ajar, membuat laporan WFH, merekap absen dan kegiatan lainnya. Bukan hanya mengabdi ke sekolah, tetapi peserta KKN juga akan memberi penguatan kepada masyarakat dalam bidang ekonomi serta mengedukasi masyarakat dalam mencegah serta menanggulangi dampak COVID 19.

Harapan penulis adalah kegiatan KKN Tematik berbasis daring ini pada masa kedepannya dapat berjalan dengan baik sehingga dalam program yang telah dirancang dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu bermanfaat untuk banyak orang. Dan semoga dengan adanya KKN ini dapat memberi penguatan kepada bapak/ibu guru, siswa, orang tua siswa serta masyarakat sekitar untuk tetap semangat meskipun sedang berada di masa pandemic COVID 19 yang tidak mudah. (Red)

Penulis Artikel : Evelyn Sinaga

Editor.   : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here