Mahasiswa Menggiatkan Pembelajaran Daring Sebagai Realisasi KKN Tematik yang Diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia

0
59

POSPUBLIK.NEWS.COM
Jakarta
– Universitas Pendidikan Indonesia merupakan salah satu oknum penggiat pendidikan yang selalu menggiatkan pendidikan agar proses pembelajaran secara daring berlangsung dengan baik.

Salah satu upaya untuk merealisasikan hal tersebut adalah dengan diadakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring dengan tema Kuliah Kerja Nyata Tematik Pecegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (KKN TEMATIK PPD COVID-19).

Penyelengaraan KKN dirasa unik, karena KKN dilakukan di daerah masing-masing dengan memanfaatkan teknologi seperti media cetak, media online (Whatsapp, Instagram, dan YouTube).

Dengan demikian UPI mengusung dua program unggulan berupa program wajib (bidang pendidikan) dan program pilihan (bidang kesehatan dan ekonomi) yang di implementasikan oleh mahasiswa kepada masyarakat.

Kelancaran program selama melaksanakan KKN tidak terlepas dari bimbingan Ibu Jennyta Caturiasari, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok 5.

Selain itu pelaksanaan KKN juga berpedoman pada buku panduan yang dibuat oleh LPPM Universitas Pendidikan Indonesia.

Sehingga program yang dilaksanakan oleh mahasiswa sudah sesuai dengan tema KKN. Program KKN Tematik PPD Covid-19 dengan direalisasikan di Jorong Pasanehan, Kenagarian
Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Salah satu upaya yang dilaksanakan pada bidang pendidikan adalah melakukan pelatihan mengenai operasional media belajar online seperti google classroom dan zoom untuk guru yang dilakukan secara daring.

Sedangkan bentuk upaya meningkatkan motivasi peserta didik untuk selalu semangat belajar walau saat pandemi adalah membuat media belajar interaktif berupa tayangan video animasi sesuai dengan materi dan membuat PPT terkait materi pelajaran.

Media pembelajaran tersebut dikemas semenarik mungkin agar peserta didik tidak merasa jenuh belajar selama masa pandemi covid-19.

Saya berharap melalui kegiatan KKN yang diselenggarakan oleh UPI menuai banyak manfaat bagi masyarakat khususnya dibidang pendidikan. Meskipun proses belajar dilakukan secara daring, seharusnya tidak menyurutkan semangat peserta didik untuk tetap belajar, karena belajar merupakan suatu proses yang wajib dilakukan disegala kondisi. (Red)

Penulis. Artikel : Fauzia Khairina

Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here