Peran Nyata Mahasiswa PGSD UPI Purwakarta melalui KKN Tematik PPD Covid-19 dalam Pembelajaran Daring di SDS IT An-Najah

0
104

POSPUBLIK.NEWS.COM
Purwakarta
-Mahasiswa memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Peran tersebut tidak luput dari kerjasama masyarakat yang baik. Adapun 5 peran mahasiswa yaitu sebagai iron stock, agent of change, guardian of value, moral force dan social control.

Hal ini harus menjadi pegangan erat bagi mahasiswa adapun dalam lingkup perguruan tinggi memiliki tri darma perguruan tinggi yaitu; pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Komponen-komponen tersebut harus dijalankan dengan baik oleh seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Kegiatan KKN merupakan implementasi dari peran mahasiswa dan tri darma perguruan tinggi itu sendiri. Dilihat dari program yang direncanakan oleh mahasiswa yang berkutat dengan lingkup sosial.

Namun, pada masa ini Negara Indonesia sedang mengalami perubahan kebijakan pendidikan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan segala kegiatan dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Begitupun dengan pendidikan yang mengharuskan siswa dan mahasiswa untuk tetap di rumah saja dengan melakukan pembelajaran secara daring.

Pembelajaran daring ini dilakukan dengan berbagai upaya agar tidak ada siswa atau mahasiswa yang berhenti belajar. Namun, dirasa masa ini begitu panjang dan membuat jenuh suasana belajar siswa dan mahasiswa.

Mahasiswa PGSD UPI Purwakarta semester 7 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 (KKN Tematik PPD Covid-19) sebagai peran nyata mahasiswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran daring di SDS IT An-Najah yang berada di kampung Margaluyu Kelurahan Munjuljaya, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Adapun program kerja atau kegiatan yang dilakukan mahasiswa di SDS IT An-Najah yaitu terkait pendampingan pembelajaran daring dengan guru kelas, penguatan siswa dalam pembelajaran daring, penguatan orang tua dalam membimbing anak belajar dan membantu administrasi sekolah.

Adapun program tentang penguatan siswa dalam pembelajaran daring dengan melakukan vidoe call WhatsApp, pembuatan video pembelajaran untuk penguatan materi, serta pemberian penguatan tentang pencegahan Covid-19.

Menurut Roby Gumelar, S.Pd. Selaku wakil kepala sekolah SDS IT An-Najah, terkait penyelengaraan pelaksanaan KKN di SDS IT An-Najah ialah “Sangat baik, dari pihak sekolah sangat merespon penuh program KKN tematik UPI Purwakarta, hal demikian merupakan langkah tepat menurut saya pribadi dalam edukasi penanggulangan dampak Covid-19 pada ranah pendidikan terutama pada anak usia SD yang masih perlu penyampaian pemahaman tentang materi pembelajaran yang harus disampaikan secara rinci dan pemahaman cara-cara penanggulangan Covid-19”.

Beliau juga mengatakan “Pengaruh yang dirasakan tentunya sangat merasa terbantu sekali dengan adanya mahasiswa KKN bisa dalam pembelajarannya ataupun edukasi pencegahan Covid-19”.

Peran nyata mahasiswa dalam hal ini sangat dinantikan oleh pihak sekolah terkait dalam membantu proses pembelajaran yang akan menjadi realisasi suatu program yang telah dirancang oleh mahasiswa.

Menurut Dian Herdiantini, S.Pd. sebagai wali kelas mengatakan “Mahasiswa PGSD memang sudah sepatutnya melakasanakan apa yang menjadi kurikulum dalam SDS IT itu sendiri, lalu berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar”.

Sebagai mahasiswa PGSD sudah tepat jika ditempatkan pada lingkup Sekolah Dasar sebagai pembelajaran kedepan agar biasa terlatih dan terbiasa dalam dunia pendidikan. Kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 ini memiliki keterkaitannya dengan peran mahasiswa melalui program yang akan diadakan.

Seperti yang dipaparkan Roby Gumelar, S.Pd. bahwa keterikatan KKN Tematik PPD Covid-19 dengan peran mahasiswa ialah “ sangat keterkaitan tentunya pada saat ini kita sama-sama mencari cara terbaik agar pendidikan bisa tetap berjalan”

Menurutnya Dian Herdiantini, S,Pd. sebagai wali kelas juga “Program KKN yang sedang berlangsung di An-Najah cukup berkontribusi bagi keberlangsungan pembelajaran yang ada di SDS IT dan kedepan harapan kami setelah KKN mampu mengembangkan apa yang menjadi peningkatan SDM disekitar”.

Semoga kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 dari tanggal 17 November 2020 sampai 17 Desember 2020 bersama program yang dilaksanakan mahasiswa PGSD UPI Purwakarta di SDS IT An-Najah menjadi realisasi peran mahasiswa yang sebenarnya.

Lebih peka terhadap dunia pendidikan dan aktif memberikan solusi atas hambatan yang terjadi. Bahkan mampu merencanakan kebijakan pendidikan yang inovatif dan solutif dalam keadaan apapun.( Red)

Penulis : Ainun Salsabila
Dibawah Bimbingan : Jennyta Caturiasari, M.Pd.

Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here