BIMTEK Online Sistem Pembelajaran Daring Oleh Mahasiswa KKN Tematik UPI

1
67

POSPUBLIK.NEWS.COM
Jakarta-
Hampir setahun dunia di hebohkan dengan pandemi virus Covid -19.Tentunya mempunyai dampak yang signifikan terhadap berbagai bidang kehidupan, ekonomi, budaya bahkan pendidikan.

Covid-19, merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona dan menimbulkan gejala utama berupa gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena kemunculan nya di akhir tahun 2019 pertama kali di Wuhan, China.

Lokasi kemunculan nya pertama kali ini, membuat Corona virus juga dikenal dengan sebutan Wuhan virus.Virus ini menyebar dengan cepat ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Hal tersebut membuat beberapa negara menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Sedangkan di indonesia sendiri, pemberlakuan lockdown atau pun PSBB, menjadi cara pemerintah menekan dan mencegah penyebaran virus ini.

Sejak saat itu untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas, kementrian pendidikan dan kebudayaan pun tak ketinggalan untuk segera membuat Kurikulum Darurat Nasional (KDN) dengan menjadikan pembelajaran daring (online learning ) menjadi sebuah pilihan.

Beberapa pemerintah daerah sudah mulai menerapkan pembelajaran daring atau online sistem pembelajaran daring dalam jaringan merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru / siswa tetapi dilakukan melalui online yang
menggunakan jaringan internet.

Inovasi dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan Whatsapp, Zoom Meet, Google Meet ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran.

Namun, perlu disadari bahwa masih banyak guru, siswa dan orang tua mengalami ketidaksiapan terhadap pembelajaran daring dikarenakan kegagapan teknologi.

Sekolah perlu melakukan bimbingan teknik (bimtek) online terkait proses pelaksanaan pembelajaran daring dan melakukan sosialisasi kepada orangtua dan siswa melalui media cetak dan media sosial tentang tatacara pelaksanaan pembelajaran daring, kaitan nya dengan peran dan tugas orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Terkait bimbingan teknik (bimtek) online tidak perlu dikhawatirkan lagi karena saat ini mahasiswa UPI sedang melakukan KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan dampak Covid-19 dimana salah satu program nya adalah program edukasi dibidang pendidikan yang didalamnya sudah termasuk pendampingan pembelajaran daring untuk guru, siswa dan orangtua. Dengan adanya kami sebagai mahasiswa UPI bisa menjadi solusi bagi sekolah-sekolah yang memerlukan bimbingan teknik (Bimtek) online sehingga bisa mengurangi hambatan dalam pembelajaran daring. (Red)

Penulis : Nurul Fitri Handini
Dosen Pembimbing Lapangan : Fitri Nuraeni, M.Pd.

Editor. :SF

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here