Penyelenggaraan Edukasi Pencegahan Covid-19 Oleh Mahasiswa KKN UPI Terhadap Siswa SDN 022 Cikutra Kota Bandung

0
59

POSPUBLIK.NEWS.COM
Bandung
– Akhir-akhir ini pemerintah Indonesia disibukan dalam penanganan wabah virus Covid- 19, virus ini sangat mematikan dan juga persebaran virus ini sangat cepat. Untuk memotong rantai penyebaran virus ini pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya salah satunya adalah dengan mengeluarkan kebijakan seperti stay at home, physical distancing, social distancing.

Dengan di realisasikannya kebijakan ini secara otomatis menghambat keberlangsungan pembelajaran di sekolah. Dampak dari diterbitkan nya kebijakan tersebut adalah banyak siswa dari sekolah dasar hingga mahasiswa dirumahkan dan melakukan pembelajaran secara daring atau online class secara sekala Nasional, hal ini disebabkan karena tingkat penyebaran virus yang kian pesat pertumbuhan setiap hari nya. Sehingga pemerintah mengambil langkah tersebut. Untuk memotong tingkat penyebaran Covid-19 ini maka pemerintah mengambil langkah menerbitkan kebijakan tersebut untuk publik secara menyeluruh.

Selain itu dampak dari kebijakan tersebut dirasakan juga oleh para pendidik dan orang tua khususnya di SDN 022 Cikutra Kota Bandung, di tengah masa pandemic para guru dituntut harus tetap melaksankan kegiatan pembelajaran dengan cara pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan gadget.

Hal tersebut menjadi sebuah kendala bagi para guru yang telah menginjak usia senja, sedangkan bagi para orang tua, yang menjadi kesulitan nya yaitu bagi keluarga yang berekonomi rendah dan orang tua nya yang bekerja sehingga mengalami kesulitan
untuk mendampingi anak nya dalam proses pembelajaran.

Dalam kondisi tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pun mengambil langkah bijaksana yaitu dengan tetap melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) meski dengan keadaan yang seperti ini.Tetapi UPI dalam teknis pelaksanaan dilapangan nya mengubah metode yang biasanya dilaksanakan.

Dengan ada nya mahasiswa KKN UPI para guru merasa terbantu dalam hal pembelajaran, dikarenakan para mahasiswa sangat berantusias dalam hal memodifikasi pembelajaran serta membantu dalam hal pengajaran dan pembelajaran.

Kelompok KKN melaksanakan kegiatan diskusi bersama dengan para jajaran guru terkait penguatan pembelajaran, dalam diskusi tentang penguatan pembelajaran tersebut diharapkan tercipta nya pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam memahami pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru melalui pembelajaran jarak jauh.

Kemudian setelah selesai memberikan pembelajaran, beberapa mahasiswa melakukan sosialisasi kepada beberapa guru yang ada diruangan terkait dari maksud dan tujuan dilaksanakan KKN di sekolah tersebut.

Setelah selesai bersosialisasi mahasiswa kembali melanjutkan tugas nya dalam mengarahkan dan mengingatkan kepada para siswa nya terkait dari pembelajaran yang sedang dikerjakan nya. Kemudian setelah selesai melaksanakan beberapa rangkaian tugas, para mahasiswa pamit untuk pulang.

Mahasiswa KKN kembali menjalankan tugas nya di SDN 022 Cikutra Kota Bandung untuk melakukan koordinasi dengan guru kelas terkait dengan kesulitan siswa kelas 1 yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran, setelah di kroscek ternyata kesulitan siswa dalam menjalankan tugas nya itu adalah kurang pemahaman nya orang tua siswa terkait dari tugas ajar yang diberikan oleh guru nya.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa kesulitan pembelajaran pada siswa itu bukan hanya dari materi ajar nya saja yang bobotnya terlalu berat, melainkan kurang nya pemahaman orang tua siswa terkait dari materi tugas yang diberikan.

Untuk kegiatan selanjutnya adalah persiapan untuk melakukan evaluasi tugas pembelajaran via grup WhatsApp yang memang telah dibuat oleh wali kelas, sehingga memudahkan mahasiswa KKN untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan para orang tua siswa terkait dari tugas yang telah disampaikan. Setelah itu, mahasiswa melaksanakan evaluasi
terkait dari tugas yang telah disampaikan dengan tujuan untuk mengedukasi orang tua supaya lebih teliti dan paham atas tugas yang telah diberikan.

Dengan harapan meminimalisir kesalahan-kesalahan yang akan terjadi kembali di kemudian hari. Mahasiswa KKN pun membuat video 3M program pencegahan Covid-19 untuk di bagikan kembali kepada masyarakat secara luas via media sosial masing-masing mahasiswa untuk memenuhi syarat tugas dalam pelaksanaan KKN ini.

Setelah selesai mensosialisasi kan video tersebut para mahasiswa KKN mengupload videonya ke Youtube dan diShare ke hal layak Publik.

Dengan diadakan sosialaisai ini siswa agar selalu menerapkan 3M ( Mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) untuk penularan covid-19 ini. (Red)

Penulis : Sindi Nursalam

Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here