Mahasiswa UPI Mengadakan Sosialisasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Untuk Siswa SD Secara Daring

0
90

POSPUBLIK.NEWS.COM
Purwakarta
-Wabah covid-19 yang terjadi saat ini berdampak pada berbagai sektor termasuk sektor ekonomi dan pendidikan, banyak pihak seperti perusahaan, ekonomi, begitu juga dengan dunia pendidikan.

Dengan adanya wabah Covid-19 KKN yang seharus nya diadakan secara langsung tetapi untuk tahun ini dilaksanakan secara daring dan di tempat tinggal masing-masing.

Mahasiswa Universitas Pendidikan indonesia (UPI) Kampus Purwakarta menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata di Masa Adaptasi Baru (AKB) dengan melakukan Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19.

KKN-T tahap 1 sudah dilaksanakan pada bulan Mei Juni, sedangkan untuk KKN-T tahap 2 dilaksanakan pada bulan November sampai dengan bulan Desember dan antusias nya pun tidak kalah dengan KKN-T tahap1.

KKN ini merupakan wadah untuk mahasiswa karena disini kesempatan mahasiswa
untuk terjun ke lapangan dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar tetapi dilakukan secara daring karena untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19.

Program yang dilakukan juga disesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekitar
dengan mengutamakan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Karena penularan nya yang semakin hari semakin meningkat, harus adanya kesadaran yang tinggi dari diri sendiri untuk lebih waspada dalam melakukan aktivitas di masa pandemi ini.

Adapun tujuan dari KKN-T ini diantaranya untuk menguatkan program pencegahan dan
penanggulangan covid-19 dan bisa juga mendukung dan menguatkan penanggulangan
dampak covid dan juga membantu dan menguatkan guru dalam proses pembelajaran daring baik di tingkat TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS/SMA/MA dan SMK, bahkan telah melakukan mensosialisasikan pencegahan, penanggulanagn dampak CVID-19 baik di bidang pendidikan atau di bidang ekonomi dengan menggunakan media edukasi melalui media sosial.

Tujuan ini juga mendamping para prang tua dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada tingkatTK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK.

Alifia Mahasiswi KKN-T melaksanakan KKN-T di Desa Rancasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, menyelenggarakan salah satu program yaitu mengadakan edukasi
pencegahan dampak Covid-19 untuk Siswa MI MIFTAHUL HUDA. ” Dengan diadakan sosialisasi ini, mereka menjadi teredukasi dengan pengetahuan tentang pencegahan penanggulangan Covid-19.”

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat atau pemahaman kepada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam upaya pencegahan Covid-19. Di dalam kegiatannya terdapat berbagai macam pencegahan Covid-19.

Hal lainnya Disini, Alifia telah
membuatkan poster Penerapan 3M untuk memberikan edukasi kepada anak sekolah dasar. Penggunaan poster berisi gambar ini dilatar belakangi oleh karakteristik siswa sekolah dasar masih perlu mendapatkan informasi dalam bentuk visual.

Dengan diadakan sosialisasi ini siswa-siswi selalu menerapkan 3M yaitu dengan melakukan ( cuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) untuk memutus rantai penularan Covid-19 untuk dapat menerepakan protokol kesehatan dengan benar. (Red)

Penulis : Alifia Nurmaulida Subhan ” Dibawah Dosen Pembimbing Lapangan : Fitri Nuraeni, M.Pd “

Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here