KKN UPI Purwakarta Membantu Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SDIT An Najah Purwakarta

0
63

POSPUBLIK.NEWS.COM
Purwakarta
-Virus Covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa, hampir semua bidang merasakan dampak dari virus Covid-19 ini, salah satunya di bidang pendidikan.

Seperti pelaksanaan KKN tematik kelompok 5 PDD covid-19 UPI angkatan 2017 yang dilaksanakan secara daring, pelaksanaan KKN tematik kelompok 5 dimulai pada Selasa (17/11) dan dilaksanakan selama 30 hari.

Bukan hanya itu, di saat masa pandemi ini proses pelaksanaan pendidikan di sekolah dari jenjang SD hingga Universitas juga dilaksanakan secara daring atau dengan pembelajaran jarak jauh.

Dimana para siswa dan mahasiswa mulai belajar dari rumahnya masing-masing tanpa perlu pergi ke sekolah.

Adapun beberapa sekolah tetap melaksanakan pembelajaran dengan sistem daring, dimana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan siswa dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan kelompok kecil tersebut.

Salah satu dari kegiatan KKN tematik PDD covid-19 UPI adalah membantu untuk
mendampingi guru saat kegiatan pembelajaran, baik dengan membuatkan media pembelajaran ataupun video pembelajaran, pelaksaan KKN ini dilaksanakan di SDIT An Najah Purwakarta.

Pelaksanaan pembelajaran PJJ di SDIT An Najah, Purwakarta sendiri lebih menyesuaikan dengan kondisi wilayah di Purwakarta.”

Pelaksanaan pembelajaran pada saat masa pandemi di SDIT An Najah disesuaikan dengan kondisi wilayah di Purwakarta, khususnya daerah Munjuljaya” kata Roby.

SDIT An Najah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan membagi siswanya menjadi kelompok kecil dengan maksimal tiap kelompok terdiri dari 7 siswa.

Bukan hanya itu saja, pelaksanaan pembelajaran di SDIT An Najah juga memanfaatkan beberapa media sosial dan aplikasi pembelajaran untuk menyampaikan materi pembelajaran, seperti membuat video pembelajaran yang di upload di chanel youtube sekolah dan menggunakan aplikasi google
classroom, grup whatsapp sebagai alat penyampaian materi kepada siswa, agar
pembelajaran dapat tetap terlaksana dengan baik.

Sudah 1 bulan terakhir pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara full daring di SDIT An Najah Purwakarta, maka harapan dari para guru dengan adanya program KKN membantu untuk mendampingi guru dapat terlaksana dengan baik juga memberi banyak manfaat bagi banyak pihak, baik dari pihak sekolah maupun orang tua siswa.

“saya berharap para mahasiswa/i dapat memberikan perubahan berarti dalam segi pembelajaran, baik daalam hal metode/media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan efektif serta berdaya guna bagi semua civitas akademik sekolah”. ujar Sri . Senin (23/11)

Walaupun begitu, menurut Roby pembelajaran yang efektif disaat masa pandemi Covid-19 ini adalah dengan sistem kelompok kecil karena adanya transfer ilmu secara langsung.”

Kegiatan pembelajaran yang efektif terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, dengan belajar berkelompok karena di kelas 1, 2, 3 atau kelas rendah masih dalam bimbingan orang tua dalam menggunakan gadgetnya dan dalam mengerjakan tugas-tugasnya seperti menulis, membaca, dan berhitung” ujar Roby, Jumat (20/11)

Di saat masa pandemi seperti ini guru pun dituntut untuk serba bisa, agar pelaksanaan
pembelajaran dapat tetap berlangsung dan berjalan dengan lancar, materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik, siswa dapat memahami tiap-tiap materi pembelajaran
yang disampaikan, pembelajaran di saat masa pandemi ini dapat tersampaikan dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran juga media sosial untuk membantu proses kegiatan belajar mengajar terlaksana dengan baik ataupun dengan pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan kelompok kecil. (Red)

Penulis Artikel : Hani Nurlatifah

Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here