Kegiatan KKN Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Daerah Purwakarta Pencegahan COVID-19 Melalui Media di Desa Ponggang , Serang Panjang Kabupaten Subang

0
95

POSPUBLIK.NEWS.COM
Kab.Subang
– Para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus daerah Purwakarta melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 gelombang II ,yang di laksanakan di daerah masing-masing secara individu melalui online/daring, KKN ini
dilaksanakan pada tanggal 17 November -17 Desember 2020. Walaupun di laksanakan
secara individu di daerahnya masing-masing harus tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu 3M (Menjaga jarak, Memakai masker, dan Mencuci tangan). Semua kegiatan ini tentunya berada dibawah bimbingan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yaitu, Bunda Jojor Renta Marantha, M.Pd.

Almira Permatasari, salah satu mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Kampus daerah Purwakarta yang melaksanakan KKN di daerah Ponggang, Kecamatan Serang Panjang Kabupaten Subang. Dalam masa pandemi ini tidak menjadi hambatan serta halangan untuk melaksanakan kegiatan KKN dengan menjalankan beberapa program, salah satunya yaitu pengabdian kepada masyarakat di daerah Ponggang.

Kegiatan ini berupa sosialisasi dengan masyarakat yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19, misalnya penyuluhan tentang menerapkan hidup bersih dan sehat, melakukan 3M (Menjaga jarak, Memakai masker, dan Mencuci tangan), misalnya harus selalu mencuci tangan dengan benar, menjaga jarak dengan minimal satu meter, dan cara menggunakan masker yang benar, dan dijelaskan pula kepada masyarakat agar selalu mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan supaya terhindar dari virus Covid-19 ini.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat di Desa Ponggang Kecamatan Serang Panjang Kabupaten Subang akan lebih berhati-hati dan selalu melaksanakan hidup sehat supaya tidak terjangkit virus Covid-19.

Program ini dilaksanakan melalui media aplikasi WhatsApp yaitu dengan cara video call. Selain itu, ada juga program yang dijalankan untuk ke sekolah, yaitu pendampingan kepada siswa sekolah dasar kelas III di SD Negeri Pasir Luhur Desa Ponggang , Kecamatan Serang Panjang, Kabupaten Subang dengan dibuatkannya media pembelajaran berupa powerpoint untuk siswa lebih memahami tugas dan pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru, selain kepada siswa ada juga kepada guru yaitu memasukan administrasi sekolah berupa absensi dan nilai harian yang memang belum dimasukan oleh guru, juga penguatan kepada guru yaitu diberikan video pembelajaran tentang tata cara bagaimana pengoprasian zoomeeting karena memang biasanya guru memberikan tugas hanya berupa photo melalui Whatsapp.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat membantu siswa dan guru untuk
meringankan keberlangsungan pembelajaran secara daring. Program ini dilaksanakan melalui aplikasi Whatsapp.(Red)

Penulis Artikel : Almira Permatasari

Editor. : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here