Efek Nyata Walau Praktik Maya di KKN Tematik PPD UPI 2020

0
143

POSPUBLIK.NEWS.COM
Jabar
-Seperti yang kita tahu kuliah kerja nyata adalah program pengabdian masyarakat yang
hampir semua tingkat perguruan tinggi mempunyai program tersebut. Umumnya pada kegiatan KKN mahasiswa langsung terjun mengabdi ke desa-desa.

Namun karena adanya pandemi Covid-19 pada saat ini, ada yang berbeda dari KKN sebelumnya. Mahasiswa tetap terjun langsung kemasyarakat namun tetap melakukan kegiatan KKN di rumah saja. Lebih singkatnya mahasiswa melaksanakan KKN secara daring.

Universitas Pendidikan Indonesia atau yang lebih dikenal dengan UPI juga saat ini sedang melaksanakan KKN secara daring. Kegiatan KKN Tematik secara daring merupakan salah satu program di masa pandemi Covid-19.

Tema dari KKN UPI ini adalah “Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19” (KKNT PPD) yang di khususkan pada bidang pendidikan dan ekonomi. KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 ini merupakan program KKN gelombang dua.

Dimana sebelumnya UPI sudah melaksanakan KKN gelombang satu dengan tema KKN Tematik Pencegahan Covid-19 untuk MMB” Mewujudkan Merdeka Belajar ” KKN Tematik Covid-19, pada bulan Mei hingga Juni.

Mahasiswa UPI angkatan 2017 baik UPI Bumi Siliwangi (Bandung) Jawa barat hingga kampus
daerah yang meliputi Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang yang sudah mengkontrak KKN ini adalah peserta kegiatan KKN Tematik PPD UPI. Mahasiswa yang sudah mengkontrak KKN harus tetap melaksanakan kegiatan KKN walau diera pandemi Covid-19 ini.

Tidak ada halangan bagi mahasiswa tetap mengabdi pada masyarakat untuk tetap melaksanakan KKN. Walaupun praktik secara maya tetap saja efek nyata untuk masyarakat.

Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai hari Senin (16/11) dan akan selesai pada tanggal 30 Desember 2020. Khususnya untuk UPI kampus daerah Purwakarta kegiatan KKN ini dimulai pada hari Selasa (17/11) dengan durasi maksimal 30 hari yang akan selesai pada tanggal 17 Desember 2020.

Durasi dari kegiatan KKN ini yaitu 30 sampai 50 hari. Berbeda dari kegiatan KKN seperti biasa, KKN kali ini selain secara daring,
mahasiswa melaksanakan KKN ini secara individu.

Walaupun tetap dalam kelompok satuan Dosen Pembimbing Lapangan atau DPL, tetapi program yang harus di laksanakannya tetap individu dan mengabdi kepada masyarakat di sekitar tempat tinggal mahasiswa. Program yang harus di laksanakan oleh mahasiswa beragam di mulai dari program wajib hingga program pilihan. Mahasiswa bebas memilih program apa yang yang akan di laksanakannya pada bidang program pilihan edukasi atau ekonomi.

Kegiatan yang dilakukan pada KKN ini dalam bidang edukasi yakni meliputi membantu
guru dalam pembelajaran seperti membantu media pembelajaran, membantu membuat RPP dan lain-lain.

Adapun kegiatan KKN untuk masyarakat yaitu upaya pencegahan Covid-19 pada masyarakat sekitar seperti penyuluhan pencegahan Covid-19, berupa poster dan video tentang 3M dalam Covid-19. Memberi penguatan pada masyarakat yang terkena PHK akibat Covid-19, para pengusaha kecil, dan masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Dheva Irmayati Narsja, salah satu mahasiwa UPI kampus daerah Purwakarta dari kelompok 6 denganDosen Pembimbing Lapangan Jojor Renta Maranatha, M.Pd. yang sedang melaksanakan program KKN di SDN 3 Selaawi, Kabupaten Purwakarta, Jawa barat.

Kegiatan yang dilakukannya berupa membantu guru dalam pembuatan RPP di setiap harinya, membantu membuat media pembelajaran dalam pembelajaran daring, membantu membuat laporan harian WFH untuk sekolah, dan mendampingi guru, siswa, serta orang tua siswa.

Serta program KKN pilihan dalam bidang edukasi yaitu membuat video program edukasi pencegahan Covid-19 yang dipublikasikan ke media sosial dan untuk program pilihan bidang ekonomi yakni pendampingan, penggalian
hobi, kreativitas dan potensi diri ibu rumah tangga dan calon ibu rumah tangga yang tidak bekerja dalam upaya meningkatkan penghasilan keluarga secara daring.

Menurut guru kelas tiga SDN 3 Selaawi, Ibu Nani Nurnaningsih, S.Pd. Bahwa adanya mahasiswa KKN di SDN 3 Selaawi sangat membantu dalam pembelajaran dan administrasi sekolah. Hasil yang dirasakan selama empat hari pembelajaran sudah mulai terasa menurutnya.

Semua kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring namun hasil yang dirasa terasa nyata. Walaupun terhalang jarak mahasiswa UPI tetap bisa mengabdi kepada masyarakat yang terdapat dari Tri Darma perguruan tinggi. Semoga dengan adanya KKN Tematik PPD UPI 2020 ini banyak hasil nyata yang dirasakan oleh Guru, siswa, dan masyarakat sekitar walau pun praktik yang dilakukan dalam KKN melalui dunia maya saja. (Red)

Penulis : Dheva Irmayati Narsja

Editor.   : SF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here