BAKTI SOSIAL (BAKSOS) DESA KEMURANG KULON KECAMATAN TANJUNG BREBES UPAYA PEMELIHARAAN LINGKUNGAN BERSIH

0
269

POSPUBLIK.NEWS.COM
KAB.BREBES-
Lingkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah.

Seiring majunya tingkat pemikiran masyarakat serta kemajuan teknologi di segala bidang kehidupan, maka tingkat kesadaran untuk memiliki lingkungan dengan kondisi bersih serta sehat dapat diketahui melalui media cetak dan online.

Lingkungan merupakan bagian integral dari kehidupan manusia. Terjaganya lingkungan bersih dan rapi menjadi kualitas hidup manusia lebih baik.

Kebersihan lingkungan ialah suatu keadaan yang bebas dari kotoran seperti, debu, sampah, dan juga bau. Masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan juga masalah yang terus berkembang. Faktor penyebab masalah kebersihan lingkungan adalah kegiatan manusia yang mencemari lingkungan hidup.

Kerusakan lingkungan hidup sebagai akibat aktivitas manusia pada umumnya disebabkan oleh kurangnya kesadaran dari masyarakat terhadap akibat dari tindakannya.

Kesadaran masyarakat perlu dibangkitkan untuk memiliki perilaku bersih yang lebih baik dengan memberikan kesadaran kolektif untuk bersama-sama menunjukan perilaku hidup bersih yang lebih baik.

Agar lingkungan yang bersih dan rapi tetap terpelihara dan adanya kesadaran kolektif mengenai perilaku hidup bersih maka perlu solusi nyata yang harus dilakukan.

Sebagai bagian masyarakat Desa Kemurang Kulon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes telah memiliki tanggungjawab pemeliharaan lingkungan bersih dengan mengadakan bakti sosial. Bakti sosial ini sebagai upaya untuk memelihara lingkungan bersih dan nyaman. Karena itu, perlu dilakukan kegiatan bakti sosial.

Bahkan Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) ini  telah dilakukan oleh para Ormas sebagai wujud guna melakukan Pengabdian Masyarakat dengan judul UPAYA PEMELIHARAAN LINGKUNGAN BERSIH DENGAN MENGADAKAN BAKTI SOSIAL (DI DESA KEMURANG KULON  KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES . Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kebersihan lingkungan ini telah dilaksanakan pada hari Jumat 16-10-2020.

Adapun inti dari kegiatan Bakti sosial ini adalah pemeliharaan lingkungan bersih, sehat dan indah. Kegiatan bakti sosial ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai mitra akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar rumah warga masing-masing dan khusus kebersihan lingkungan seputar .

Kalau warga menyadari pentingnya kebersihan lingkungan maka warga diharapkan mengalami transformasi dalam hidup, makin sehat dan hidup makin aman dan damai. Kalau lingkungan bersih maka kita pasti sehat dan aman.

Kegiatan bakti sosial bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan asri serta mempererat hubungan antara warga masyarakat, karena melalui kegiatan bakti sosial, warga dapat melakukan aktivitas kegiatan sosial secara bersama-sama.

Pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) dalam rangka kegiatan bakti sosial ini menggunakan metode diskusi dan tanya jawab tentang pentingnya lingkungan bersih dan sehat.

Selain itu pengabdi mengelompokkan warga sesuai tempat tinggalnya, mengelompokkan atau memisahkan sampah berdasarkan bentuknya dan menerapkan tindakan bernuansa efektif yaitu membangkitkan kesadaran, membangun budaya bersih dan meningkatkan kesadaran akan kebersihan suatu lingkungan dengan penuh semangat dan menarik.

Berbagai elemen ini dirangkai sedemikian rupa sehingga memungkinkan warga menyadari pentingnya lingkungan bersih, sehat dan nyaman. Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan dalam beberapa tahap: 1. Membersihkan selokan dengan cara mengangkat sampah yang berserakan, 2. Membersihkan kuburan bersama warga dan 3. Memotong rumput di pinggir jalan umum.

Bakti Sosial ini berdampak positif di mana warga masyarakat makin mencintai dan memelihara lingkungan bersih dan rapi di Desa Kemurang Kulon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes.

Kegiatan Bakti sosial ( Baksos) dalam tingkat kebersihan lingkungan ini telah dilaksanakan oleh (SAUNG KSATRIA ) yang dipimpin Oleh Abah Raden wisnu Brata fajar mulia, dengan penuh gagasan serta mengambil kesimpulan yang tepat untuk promotori melaksanakan Bakti Sosial di Desa Kemurang Kulon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, sehingga mempersatukan dengan adanya ( ORMAS ) Organisasi Masyarakat, yang terdiri dari beberapa Lembaga, dan Abdurohim sebagai Kepala Desa Kemurang Kulon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, beserta jajaranpun mensuprot dengan adanya Organisasi kemasyarakatan yang ikut andil melaksanakan bersih bersih dan bersama-sama Masyarakat yang sangat keperdulian untuk menciptakan lingkunganan yang baik dan sehat,

dengan adanya kelembagaan tersebut semoga Desa Kemurang Kulon, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes dapat terbantu disemua bidang, maka dengan adanya ORMAS , harapannya bisa membantu menjembatani antara masyarakat dan pemerintahan yang terkait, semoga  kelembagaan bisa mendorong kemajuan Desa tersebut , dan ORMAS yang melibatkan kegiatan  BAKTI SOSIAL terdiri dari Lembaga dan Nama nama Anggotanya,
( GMBI DISTRIK – Kab. BREBES ) 1. HARTINO EDY SUMIARSO jabatan KORDIV LITIGASI DISTRIK BREBES 2. WAKHRUDIN  ( Kordiv non Litigasi) 3.CAREB ROBERT ( Divisi Litigasi ) 4.NURYADI ( Divisi Litigasi ) 5.SUPARNO ( Divisi Pengamanan) 6.JABIDI ( Divisi Pengamanan ) Dan 3 anggota lainnya . Sedangkan untuk organisasi lainnya seperti  ( LSM GMBI KSM – KEC : TANJUNG ) 1. TASDIK (Humas) 2.HASIM ( Kor-Div  Pengamanan ) 3.RENO ( Investigasi ) 4.WARNAJI, 5.TRIYO, dan ( 5 ) Anggota lainnya LSM GMBI dari mulai kepengurusan POKJA-KSM-DISTRIK  ikut serta melaksanakan kegiatan

Jumat bersih – bersih, dengan penuh kesemangatan dan sungguh luar biasa, untuk kedepannya akan di diagendakan dengan Rutinitas, Dari Pemuda Pancasila ( ORMAS PP) Ranting Desa Kemurang Kulon dan DPAC Tanjung, ikut serta dalam kegiatan bersih bersih dengan rasa kompak demi terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih , organisasi Pemuda Pancasila yang dipimpin oleh

1. KOSIM Ketua Ranting Kemurang Kulon , Kecamatan Tanjung beserta ( 23 ) orang anggota Pemuda Pancasila lainnya yang ikut serta dalam melaksanakan kegiatan bersih bersih ” sekali layar berkembang surut kita berpantang ” MERDEKA…MERDEKA… MERDEKA… PANCASILA ABADI…!

Selain itu pun organisasi lainnya seperti Anggota Barisan Ansor Serbaguna ( BANSER NU ) Cimohong yang dipimpin oleh Saudara Jaruki beserta ( 5 ) orang Anggota lainnya yang ikut melakukan kegiatan bersih bersih lingkungan dengan penuh keperdulian dan ke ikhlasan. Tidak ketinggalan dari IPSI Pencak silat ( PSHT ) Desa Kemurang Kulon Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes.

Saudara DODO selaku ketua PSHT ikut perduli dengan adanya Bakti Sosial dengan rekan rekan Anggotanya, dan peran Masyarakat saudara Hermanto dan Kusnadi membaur membantu kegiatan  bersama sama dengan ORMAS lainnya .

Dan para Anggota ORMAS yang bersatu dengan Masyarakat yang melaksanakan kegiatan Bakti Sosial, dan Anggota ORMAS pun saling berkomitmen didalam kesempatan yang sangat baik ini, tentunya untuk meng-agenda kan dan melanjutkan tupoksinya sebagai Organisasi kemasyarakatan masing masing, dengan pertemuan yang di prakarsai Oleh Pimpinan (SAUNG KSATRIA ) semoga kedepan keinginan Masyarakat akan lebih baik dan  mengedepankan kemajuan desanya.

Hal lainnya dikatakan, ( SAUNG KSATRIA ) Abah Raden wisnu Brata fajar mulia, didalam dipertemuan dan kesempatan ini, memberi pesan kepada beberapa ORMAS yang hadir dan bergabung di BAKTI SOSIAL semoga kedepan lebih mengutamakan ikatan tali silahturohmi dengan tujuan bersama sama membangun desanya sehingga penuh dengan keakraban dan ke ikhlaskan semoga ALLOH SWT melindungi kita semua Amiin . (Red)

Reporter.S.Tirto Antony BD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here